Penanaman Pohon Kelapa di Embung Kedung Sambi, Begini Pesan Ganjar

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Pemerintah Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Tengah gelar Gerakan penananam pohon kelapa bersama masyarakat di lokasi Embung Kedung Sambi, Minggu (11/04).

Kepala Desa Klopoduwur, Hery Sugiharto, mengungkapkan acara berjalan dengan lancar dan meriah. Meski tidak dihadiri Gubernur, dirinya mengucapkan terima kasih kepada semuanya yang mendukung program ini dan kedepannya Klopoduwur menjadi ikon di Kabupaten Blora.

Bacaan Lainnya

“Kita punya Segitiga wisata sudah berjalan, baru selama saya menjabat. Kita rencanakan, semoga pak Gubernur, Bupati dan Dinas-dinas terkait semua mendukung. Untuk wisata transit di TPK ada rumah pohon, ada kebun buah, ke Pendopo samin untuk wisata kebudayaan, sepanjang jalan ada buah-buah. Untuk embungnya kita bisa wisata alam, bebek-bebekan, flying fox, rumah green house, melon, sayuran termasuk kelapa yang kita tanam ini tadi,” terangnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DLH Provinsi Jateng Widi Hartanto, sangat mendukung optimalisasi penanaman pohon kelapa. Dirinya berharap kedepan dilakukan kerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya dengan petani kelapa dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berbahan baku pohon kelapa dengan segenap komodifikasinya.

“Selain untuk ruang swafoto, kelak pada masanya, seluruh yang ada pada pohon kelapa bisa dimaksimalkan. Muaranya untuk peningkatan pendapatan masyarakat. Mengingat lahan lokasi masih luas, ke depan dilakukan penanaman pohon sahabat air, yang dalam hal ini efektif dalam pelestarian matar air seperti bambu aren, trembesi, beringin, kedawung, jambu alas, dan jambu air dan sebagainya,” paparnya.

Pihaknya berharap, embung yang dibangun untuk irigasi dan lokasi budidaya pelestarian ikan tidak akan kekeringan sampai kapanpun, bahkan bisa menjadi lokasi cadangan air di masa depan.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Blora Arief Rohman mengapresiasi dan menyampaikan kondisi dan potensi kabupaten Blora sehingga meminta semua pihak yang hadir dalam acara itu untuk mendukung pembangunan kabupaten Blora.

“Program menanam pohon ini kegiatan yang baik, karena kita menghidupkan sumber-sumber air, untuk jangka panjang. Semoga Klopoduwur menjadi destinasi wisata yang menarik, termasuk jadi wisata edukasi dan wisata kebudayaan,” pungkasnya. (Jay)


Loading...

Pos terkait

Loading...