Di halaman Masjid raya kotabaru Dinkes lakukan tes kesehatan tahap II calon jamaah haji

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | KOTABARU-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotabaru kembali melakukan tes kesehatan dan tes kebugaran kepada calon jemaah haji Kotabaru ,selama 2 hari. Minggu (11/4/2021) dilakukan tes kebugaran di halaman Masjid raya Al Istiqomah kotabaru.

Sebelum kegiatan, para calon Jemaah haji dilakukan tes laboratorium terlebih dahulu. Seperti cek darah lengkap dan untuk perempuan dilakukan tes kehamilan. Tes kesehatan dilakukan oleh tim dokter dan perawat dari beberapa Puskesmas di Kotabaru. Tes yang dilakukan meliputi pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar dada, tensi dan lainnya. Untuk yang berumur 60 tahun atau lebih disarankan untuk EKG atau rekam jantung.

Tes kebugaran kepada calon jemaah haji tahap II dilakukan dengan jalan atau lari kecil sepanjang 1,6 kilometer, kemudian di hitung berapa waktu yang dibutuhkan untuk jalan atau lari kecil tersebut. Dari hasil tes itu akan direkap dan dihitung lalu dimasukan ke Kartu Menuju Bugar (KMB) apakah masuk kategori baik, cukup atau kurang.

Kasi kesling kesehatan kerja dan olahraga M Riduansyah mengatakan, dengan adanya tes kesehatan dan kebugaran, diharapkan dapat mendeteksi secara dini penyakit atau keluhan kesehatan pada calon jamaah. Sehingga pada saat keberangkatan tiba semua jamaah bisa berangkat tanpa ada yang tertinggal karena masalah kesehatan.

“Jika ditemukan ada jamaah yang mengalami masalah kesehatan pada tes kesehatan, maka akan segera ditangani sehingga pada waktunya keberangkatan dapat ikut menunaikan ibadah haji”, tutur

Riduansyah” juga menghimbau kepada seluruh calon jamaah agar tetap menjaga kesehatanya dengan melakukan prilaku hidup sehat, mengkonsumsi makan yang bergizi seimbang dan rutin melakukan aktifitas fisik seusai kemampuan.(duki)


Loading...

Pos terkait

Loading...