Korban Meninggal Akibat Covid-19 Ahli Waris nya Bisa Mengajukan Gugatan Jika Pemerintah Tidak Membayar Santunan

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | PALANGKA RAYA – Polemik terkait belum dibayarkannya dana santutan 90 orang dari 92 korban meninggal akibat virus covid 19 di wilayah Kalimantan Tengah masih hangat menjadi perbincangan.

Dari 226 orang jumlah korban meninggal (31/12/2020) yang lalu, 92 orang merupakan korban meninggal akibat covid -19 yang telah diusulkan dan memenuhi syarat.

Suriansyah Halim seorang pengacara muda yang telah dikenal di wilayah Kalteng menyampaikan melalui wawancaranya dengan awak media ini (19/04/2021)

“Negara kita adalah negara hukum,semua ada dasar hukumnya.Kebijakan atau aturan baru berlaku namun tidak menghilangkan hak seseorang sebelum peraturan baru tersebut diterbitkan, jadi pemerintah wajib memenuhi hak santunan senilai Rp. 15.000.000 bagi setiap korban tersebut sesuai dengan aturan sebelumnya” jelas Halim.

Lanjut,pemerintah dalam hal ini sudah seharusnya memperhatikan hak korban, jangan sampai membuat trobosan dan program baru namun meninggalkan PR yang belum selesai.Dan masyarakat sebagai ahli waris pun harus pro aktif dengan terus memantau juga menanyakannya kejelasannya.

“jika masyarakat meresa ada kejanggalan dan tidak ada kejelasan pembayaran tentu ahli waris bisa melakukan upaya hukum dengan melakukan gugatan perbuatan melawan hukum (PMH) perorangan atau berkelompok bisa melaui Pengacara ” pungkas Suriansyah Halim mengakhiri wawancara.

Hingga berita ini kami tayangkan informasi yang kami dapatkan baru 2 (dua) orang ahli waris asal Kabupaten Kotim yang menerima dana santunan. ( Sgn )


Loading...

Pos terkait

Loading...