Mendes PDTT Dorong Pengembangan BUMDes dan Desa Wisata di Blora

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mendorong Pemerintah Kabupaten Blora untuk mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Desa Wisata dalam pembangunan daerah.

Hal ini diungkapkan Mendes PDTT atau Gus Meneteri saat menerima kunjungan Bupati Blora, Arief Rohman di kantornya kawasan Kalibata, Jakarta Selatan.

Bacaan Lainnya

“Sembari menunggu grand desain yang sedang disusun. Harapannya dengan BUMDes dan Desa Wisata, pembangunan 271 Desa di Blora dapat dilakukan dengan cepat,” ungkap Gus Menteri, Rabu (21/04).

Menurutnya, pembangunan desa juga harus dimulai dengan pemutakhiran data berbasis SDGs Desa. Karena, dengan data Indeks Desa Membangun (IDM) yang lebih detil dan lebih mikro dapat mempermudah Kepala Desa dalam melakukan pembangunan atau memanfaatkan Dana Desa.

“Jika SDGs Desa ini bisa dimaksimalkan, maka tanggung jawab penanggulangan kemiskinan tidak akan lagi tertumpu pada Bupati, namun bisa difokuskan kepada masing-masing kades,” tambahnya.

Gus Menteri juga mengapresiasi Bupati Blora yang sedang menyusun grand desain percepatan pengentasan kemiskinan.

“Data mikro berbasis SDGs Desa akan sangat membantu, selain itu Kemendes PDTT dan Kementerian lain akan ambil bagian dalam pengentasan kemiskinan di Kabupaten Blora dan desa-desa di Indonesia pada umumnya,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Blora Arief Rohman mengatakan bahwa selama hampir satu jam ia diskusi bersama Gus Menteri membahas tentang rancangan pembangunan daerah dimulai dari desa-desa miskin yang ada di kawasan hutan agar didukung Kemendes PDTT.

“Alhamdulillah setelah beberapa waktu lalu kita kontak-kontakan, akhirnya kemarin saya diterima langsung oleh Gus Menteri di kantornya. Kita sampaikan semua permasalahan dan perencanaan pembangunan desa kedepan, dengan harapan bisa dibantu dan didukung dengan program-program yang ada di Kemendes PDTT,” kata Arief Rohman. (Jay)


Loading...

Pos terkait

Loading...