Fadholi: Menegakkan Toleransi Antar Umat Beragama Itu Wujud Pengamalan Pancasila

  • Whatsapp

Analisapublik.com,Kendal- Peran aparatur Pemerintah Desa dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama sangatlah penting, terutama di bulan suci ramadhan. Bulan suci Ramadhan menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan toleransi antar umat beragama.

Hal itu, disampaikan oleh anggota DPR/MPR RI dari Fraksi Nasdem, Drs Fadholi, saat acara sosialisasi nilai kebangsaan dalam meningkatkan peran aparatur Pemerintah Desa untuk menegakkan toleransi antar umat beragama di Bulan Ramdhan serta sebagai wujud pengamalan pancasila, yang dilaksnakan di Semarang, Jumat (23/04/2021).

Fadholi juga meminta kepada seluruh warga untuk tetap menjaga toleransi antar umat beragama.

“Semangat toleransi yang selama ini sudah tercipta harus lebih ditingkatkan lagi. Pemerintah tidak bisa melakukannya itu sendiri tampa ada peran aktif dari masyarakat dalam menciptakan kerukunan dan toleransi,” paparnya

Ia menambahkan, menciptakan kerukunan dan menegakkan toleransi antar umat beragama sudah menjadi kewajiban bagi apartur Pemdes. Di bulan Ramadhan ini sangat tepat untuk menegakkan toleransi. Menegakkan toleransi juga merupakan wujud pengamalan pancasila.

“Kebebasan memeluk agama adalah salah satu hak asasi manusia yang selayaknya dilindungi oleh negara dengan menjamin agar pemeluk agama dan peribadatan berjalan dengan baik,” paparnya.

Ia menjelaskan, Negara akan menjamin, memperjuangkan, mengupayakan, dan membantu agar tiap-tiap penduduk memiliki kebebasan dan keleluasaan untuk memeluk agamanya serta mengekspresikan keberagamannya itu.

“Kita harus menolak segala bentuk Radikalisme dan kita harus meningkatkan sikap toleransi antar agama, selain itu juga Toleransi terhadap beragam suku-suku di Indonesia yang wajib kita tingkatkan juga,” pungkasnya.




Loading...

Pos terkait

Loading...