Alternatif Tol Kediri-Kertosono,Pembahasan Pemkab Kediri Dengan Kementrian PUPR

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Kediri-Tol Kediri-kertosono sepanjang 20 kilometer tersebut sangat dibutuhkan untuk penunjang mobilitas transportasi dari dan menuju Bandara Kediri,hal ini yang menjadi pembahasan antara Pemerintah Kabupaten Kediri bersama Kementrian PUPR akan mulai tahap pembangunan pada jalur menuju bandara kediri kedepan.

Guna menunjang mobilitas transportasi dari dan jalur menuju lokasi bandara yang saat ini sudah pada tahap pembangunan,Pemkab Kediri juga mempunyai rencana lembuatan jalan tol dan dilihat secara grafik untuk akses jalur dari Kediri menuju gerbang tol terdekat yakni Kertosono dengan estimasi waktu sekitar 30 menit.

Rencananya jalan Tol Kediri – Kertosono itu akan dibangun sepanjang 20 kilometer. Sedangkan saat ini Pemerintah Kabupaten Kediri tengah melakukan sosialisasi  serta tahapan pembebasan lahan secara bertahap. Total ada 39 hektar lahan yang akan dilakukan pembebasan dan untuk pembangunan tol tersebut ditargetkan memakan waktu 18 hingga 24 bulan.

Sementara itu, dua jalan tol lainnya rencananya juga akan dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Kediri untuk menunjang kelancaran transportasi dan perekonomian warga. Dua jalan Tol itu, yakni Kediri – Tulungagung serta yang saat ini sedang dijajaki adalah jalur Kediri – Kota Batu.

Bupati kediri Hanindhito Himawan Pramana menyampaikan”terkait penyelesaian bandara kediri yang mana PT.Gudang Garam Tbk selaku pengembang bandara tersebut,hasil komunikasi saya,disampaikan untuk total lahan yang sepenuhnya atas project hanya kurang sekitar 0,4%,jadi saya rasa Gudang Garam sudah mengkomunikasikan dengan baik pihak-pihak yang terkena pembebasan lahan dan progres sudah cukup baik”.sabtu(24/4)

“Target dari Gudang Garam Sendiri nantinya di tahun 2023 mendatang rencana sudah mulai commercial flaight”pungkas Mas Dhito sapaan Bupati Kediri muda tersebut.

Diakhir wawancara Mas Dhito juga menjelaskan” sejauh ini untuk progres bandara kediri sudah masuk di 51 persen pada tahun 2021,dimungkinkan di awal tahun 2023 proyek bandara sudah rampung 100 persen”.(pan)


Loading...

Pos terkait

Loading...