Pelaku Tindak Pidana Karhutla Ditangkap Polres Kotawaringin Barat

  • Whatsapp

ANALISA PUBLIK.COM |
Kotawaringin Barat-
Kapolres Kobar (Kotawaringin Barat) AKBP Devy Firmansyah yang didampingi Kasat Reskrim Polres Kobar AKP Rendra Aditya Dhani mengungkapkan tindak pidana Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Hukum Polres Kobar. Yang mana Satreskrim Polres Kobar Berhasil mengamankan Tersangka berinisial D, pada hari Minggu 25 April 2021, di Desa Tempayung, Kecamatan Kotawaringin lama, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, kata Kapolres. Dalam Press Release yang dilaksanakan di halaman Mako Polres Kobar. Senin, (26/04/2021).

“Tersangka D ini membuka lahan miliknya sejak tanggal 21 April sampai 22 April 2021, awal mulanya tersangka tersebut menggarap lahan nya menggunakan excavator, kemudian ranting-ranting dan pohon dari pembukaan lahan tersebut dikumpulkan menjadi 9 simpukan, kemudian pada tanggal 24 April 2021 tersangka melakukan pembakaran,” jelas Devy Firmansyah.

Kapolres Kobar menambahkan, lahan milik tersangka D ini seluas 1,46 hektar, yang mana berbatasan dengan kebun sawit PT. Sungai Rangit, tersangka melakukan pembakaran ini dengan menghidupkan api satu persatu di setiap simpukan, kemudian di sisihkan bambu di bawah simpukan tersebut agar api tersebut bertahan lama. Namun dari 9 simpukan tersebut yang sudah terbakar 4 simpukan.

Barang bukti yang berhasil di amankan yakni 1 korek api warna orange, 4 buah ranting sisa pembakaran lahan, sisa jelaga abu pembakaran lahan dan 2 buah bambu kering.

Akibat perbuatannya pelaku di kenakan pasal 108 Jo, pasal 69 ayat (1) huruf H, undang-undang republik Indonesia no. 32 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, dengan ancaman hukuman paling singkat 3 tahun penjara dan paling lama 10 tahun penjara, dengan denda paling sedikit 3 miliyar dan paling banyak 10 miliyar, pungkasnya.

(R1D)


Loading...

Pos terkait

Loading...