Kunjungan Tim Ahli Satgas Covid-19 BNPB di Kabupaten Blora

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Tim Ahli Satuan Tugas Covid-19 dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaksanakan monitoring Posko Penangananan Covid-19 di Kabupaten Blora.

Rombongan yang dipimpin Kombes Pol Kif Aminanto diterima Bupati Blora Arief Rohman dan jajaran Forkopimda di ruang rapat kantor Bupati pada Kamis, (6/5/2021).

Bacaan Lainnya

Bupati menyampaikan selamat datang dan melaporkan kondisi Covid-19 di Kabupaten Blora.

“Perkembangan Covid-19 di Blora saat ini secara umum mengalami trend turun, namun ada beberapa kenaikan di empat Kecamatan yang masih zona merah, yakni Sambong, Cepu, Kedungtuban dan Randublatung,” ucap Bupati.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan bahwa pihaknya lewat Dinas Kesehatan dan tim telah melakukan segala upaya untuk melokalisir dan memantau untuk menekan persebaran klaster baru.

“Kita telah lakukan berbagai upaya untuk melokalisir, memantau untuk menekan persebaran varian baru di Blora. Koordinasi terus kita laksanakan sampai tingkat desa, terlebih masih adanya pemudik meskipun ada larangan mudik. Kemudian untuk vaksinasi kita juga terus berjalan, namun karena stoknya terbatas maka target kami belum bisa tercapai. Kami mohon agar pemerintah pusat bisa menambah kuota vaksin untuk Kabupaten Blora agar target utama lansia bisa segera diselesaikan selain tenaga medis dan pelayanan publik,” lanjut Bupati.

Sementara itu, tim ahli BNPB menyampaikan maksud dan tujuan dari kunjungan ini adalah untuk monitoring Posko Kabupaten maupun pendirian PPKM Mikro di wilayah Kabupaten Blora.

“Pendirian Posko yang paling tinggi adalah Provinsi Jawa Tengah, yaitu 4.483. Kalau pendirian poskonya banyak, harapannya pemantauannya sangat tinggi dan dapat makin menekan persebaran Covid-19. Juga tolong ditingkatkan koordinasi dari desa ke kecamatan lanjut ke Kabupaten, koordinasi yang bagus,” ungkap Kombes Pol Kif.

Usai rapat terbatas di ruang rapat Bupati Blora, Tim Satgas Covid-19 dari BNPB melakukan peninjauan di lokasi PPKM Mikro yang ada di desa Geneng didampingi oleh Forkopimda Blora.

Tim melakukan pengecekan tentang pelaksanaan kegiatan penanganan Covid-19, terutama menjelang lebaran 1442 H meliputi pendataan warga pendatang atau pemudik serta Standar Operasional Prosedur yang dilakukan jika ditemukan pendatang yang positif Covid-19.

Kepada Kepala Desa dan Bidan Desa Kombes Pol Kif Aminanto berpesan, agar kedatangan pemudik betul-betul diantisipasi, jangan sampai dengan munculnya warga pendatang bisa memunculkan kluster Covid-19 di Kabupaten Blora khususnya di wilayah Desa Geneng.

“Mari kita antisipasi bersama, tentunya seluruh lini harus kompak, untuk antisipasi Covid-19. Jangan sampai terjadi kluster baru dari warga pendatang,” tandasnya.

Sementara itu Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama, mengatakan bahwa Polres Blora akan mendukung penuh Pemkab Blora untuk melakukan tugas kemanusiaan penanganan Covid-19 di Kabupaten Blora.

“Polres Blora tentunya bersama Kodim 0721/Blora akan mendukung penuh Pemkab Blora dalam setiap tugas penanganan Covid-19,” kata Kapolres Blora. (Jay)


Loading...

Pos terkait

Loading...