Salurkan Bantuan Alsintan, Sekda Blora : Tidak Boleh Dijual dan Pindah Tangan

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora
Dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian, Pemerintah Kabupaten Blora menyalurkan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) sejumlah 62 unit dan ratusan benih unggul hortikultura kepada sejumlah kelompok tani.

Bantuan Alsintan dan benih unggul diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blora, Komang Gede Irawadi mewakili Bupati Blora Arief Rohman di halaman Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Blora pada Rabu, (5/5/2021).

Bacaan Lainnya

Komang menyampaikan bahwa bantuan Alsintan yang diserahkan kepada para kelompok tani yang menerima agar merawat dan menggunakannya dengan baik. Komang juga menegaskan bahwa bantuan tersebut tidak boleh dipindahtangankan atau bahkan dijual. Pasalnya, jika bantuan Alsintan tersebut dipindahtangankan dapat menjadi permasalahan hukum di kemudian hari.

“Bantuan (Alsintan) yang diserahkan tadi tercatat sebagai barang milik negara. Walaupun nanti sudah diserahkan kepada bapak ibu. Kami mohon untuk dipelihara dengan baik, harus dicatat di kelompok sebagai barang yang dikelola oleh kelompok. Harus dikelola dirawat dimanfaatkan dengan baik dan tidak boleh dipindahtangankan,” kata Komang.

Adapun rincian bantuan yang diserahkan sejumlah 62 Alsintan meliputi, 47 unit traktor roda dua, 8 unit power threser multiguna, 7 unit corn sheller mobile. Sedangkan bantuan benih unggul hortikultura jambu Kristal 100 batang, kelengkeng 200 batang, pisang 500 batang, jambu air 800 batang, alpukat 250 batang.

Sekda berharap, dengan bantuan tersebut dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani. Kepada penerima benih unggul Hortikultura, Sekda menyampaikan agar penanaman tanaman buah-buahan dapat dilakukan secara optimal terutama desa-desa di Blora yang potensial. Sehingga Blora dapat menjadi penghasil buah-buahan yang dikenal luas.

“Tanaman tadi mohon dirawat dengan baik, Harapan kita bisa menyejahterakan masyarakat dan memiliki manfaat ekonomi” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala DPKP Blora Reni Miharti mengatakan bahwa bantuan Alsintan seperti halnya traktor roda dua sangat bermanfaat untuk percepatan tanam.

“Bantuan traktor roda dua sangat bermanfaat untuk membantu pengolahan lahan petani sehingga berdampak pada percepatan tanam. Sedangkan bantuan power thresher dan corn sheller memberikan kemudahan pasca panen, terutama pada proses perontokan padi maupun jagung,” paparnya.

Secara simbolis, bantuan diserahkan pada perwakilan kelompok tani meliputi traktor roda dua yang diterima oleh Poktan Tirta Jaya, Kec. Blora dan Poktan Dadi Mulyo, Kec. Bogorejo. Sementara itu, power thresher diterima oleh Poktan Sri Rejeki Kec. Jepon dan Poktan Tani Makmur 2 Kec Japah. Sedangkan bantuan corn sheller diterima oleh Poktan Kedungmukti, Kec Tunjungan, Poktan Mulyo, Kec. Sambong.

Selanjutnya, bantuan benih unggul hortikultura secara simbolis diserahkan kepada Poktan Ngudi Makmur, Kec Jepon berupa jambu Kristal 100 batang dan kelengkeng 50 batang. Poktan Dadi Mulyo, Kec. Jepon bantuan pisang 500 batang, Poktan Sido Dadi 4 Kec Japah kelengkeng 150 batang, Poktan Tani Maju, Kec Kradenan sebanyak 400 batang jambu air, Poktan Tani Bangkit Kec Todanan sebanyak 250 batang alpukat, dan Poktan Sido Dadi, Randublatung sebanyak 400 batang jambu air.

Sebagai informasi, sebelumnya dari APBD Blora telah disalurkan bantuan Alsintan Combine Harvester Besar (CHB) Merk Maxxi Bimo 11 Plus pada bulan April sebanyak 2 unit ke Poktan Sri Rahayu, Kedungtuban dan Poktan Mugi Rahayu, Todanan. Selain itu, sebelumnya juga telah diserahkan Traktor Roda 4 Merk Changfa sebanyak 2 unit kepada Poktan Wana Rahayu, Ngawen dan Poktan Margomukti, Banjarejo. (Jay)


Loading...

Pos terkait

Loading...