Pembangunan Bendungan Randugunting Capai 65 Persen, Rencana Akan Diresmikan Jokowi

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Pembangunan Bendungan Randugunting yang terletak di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora kini progress pembangunannya sudah mencapai 64 persen. Pembangunan bendungan yang digadang-gadang bakal menjadi sumber air baku dan sekaligus tempat wisata air maupun agrowisata di Blora kedepannya.

“Kita sampaikan terima kasih, apresiasi untuk Pak Presiden juga Pak Menteri PUPR yang sudah mewujudkan mimpi kami, adanya bendungan di Japah ini, karena ini dilihat sejarahnya sudah sejak 1985, Alhamdulillah bisa diwujudkan,” ungkap Bupati Blora, Arief Rohman saat meninjau langsung pembangunan bendungan, Senin (24/05).

Bacaan Lainnya

Bendungan tersebut, nantinya akan memberikan manfaat air baku yang dapat dimanfaatkan bagi Kecamatan Japah dan sekitarnya. Selain itu, Blora juga memiliki kesempatan untuk pengembangan pariwisata, yang tentu juga akan mendorong perekonomian masyarakat setempat.

“Kita berbicara kawasan, jadi kabupaten Rembang, Pati, juga dapat manfaat irigasi, sementara Blora nanti juga dapat untuk sektor pariwisata dan PDAM. Jadi untuk daerah Japah dan sekitarnya termasuk kemungkinan Todanan dan sampai ke Banjarejo yang kurang air ini bisa disuplai PDAM dari Randugunting,” kata Arief.

Bupati berharap, pembangunan Bendungan Randugunting dapat berlangsung lancar dan pada Desember 2021 sudah dapat dilakukan pengisian air.

“Diharapkan nanti akhir tahun di Bulan Desember sudah pengisian air dan ini menjadi bermanfaat. Rencananya akan diresmikan oleh Presiden Jokowi, ” pungkasnya.

Sementara itu, Wahyu Apri Yoga selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bendungan Randugunting mengungkapkan bahwa pembangunan ditargetkan selesai 100 persen pada pertengahan 2022 mendatang namun pengisian air bisa mulai dilakukan akhir 2021.

“Progress saat ini adalah 64 persen, kami rencana sampai dengan impounding targetnya 85 persen, dan semoga bisa selesai di Desember ini, sehingga bisa diresmikan untuk pengisian waduk awalnya. Untuk progress finishing, kami targetkan di bulan Juni 2022 semua item sudah selesai 100 persen,” jelasnya. (Jay)


Loading...

Pos terkait

Loading...