Mas Dhito Cek Kesiapan Pos Pantau Gunung Api Kelud

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Kediri.Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana atau biasa di sapa Mas Dhito,pada agenda kali ini melakukan pemantauan persiapan Badan Geologi ESDM PVMBG yang berada di gunung api kelud di Dusun Margomulyo,Desa Sugihwaras,Kecamatan Ngancar,Kabupaten Kediri.kamis(27/5)

Dengan didampingi Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono,Camat Ngancar Elok Etika,dan Kepala BPBD Kabupaten Kediri Slamet Turmudi,Mas Dhito mengunjungi dan memantau pos pantau gunung berapi kelud tidak lain guna melihat bagaimana kesiapan alat-alat yang di gunakan untuk melihat aktivasi gunung api kelud.

Disampaikan Mas Dhito saat wawancara dengan awak media”disini kita melihat dan memantau akan kesiapan pos pantau sejauh mana keaktifan gunung api kelud tersebut”.

“Selain itu nantinya bagaimana dan langkah yang diambil bila terjadi gejolak dari gunung kelud untuk menginformasikan kepada masyarakat”.

mas dhito menambahkan” di pos pantau sendiri tadi juga sempat saya liat ada sirine yang biasa digunakan sumber informasi secara manual,akan tetapi saat ini dari kesiapan pos pantau sudah lebih menggunakan HT sebagai alat komunikasi secara langsung”.

“Selain HT sebagai alat komunikasi,dari pos pantau juga menggunakan alat sismograf untuk melihat sejauh mana apabila nantinya ada gejolak gempa vulkanik ataupun tektonik akan cepat diketahui bahkan orang lewat ataupun angin sudah kelihatan”.

Di tempat yang sama Budi Prianto selaku pengamat gunung api kelud dari ESDM PVMBG Badan geologi menjelaskan”hingga saat ini gunung api kelud masih dalam kondisi aman,baik suhu kawah ataupun kegempaan dan wisatawan tetap bisa melakukan kunjungan dengan batas-batas tertentu”.(pan/kom)


Loading...

Pos terkait

Loading...