Perkuat Pertahanan Negara, Ini Motivasi Danramil 03/GP Kepada 30 Calon Peserta Komcad 2021

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Jakarta Barat – Komandan Koramil 03/Grogol Palmerah – Kodim 0503/Jakarta Barat Kapten Inf Irwan Triyono memberikan pengarahan kepada para calon peserta Komponen Cadangan TA 2021 bertempat di Lapangan Bulutangkis Makoramil 03/GP, Jl. Anggrek Garuda V Blok E No.7 RT.005/RW.002 Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, Kamis (27/5/2021) Sore.

Dalam arahannya, Komandan Koramil 03/Grogol Palmerah – Kodim 0503/Jakarta Barat Kapten Inf Irwan Triyono, “Perkenalkan saya Komandan Rayon Militer 03/Grogol Palmerah – Kodim 0503/JB mengucapkan terima kasih atas antusiasme para calon peserta Komponen Cadangan TA 2021 yang telah hadir untuk melakukan pendaftaran dan penyerahan berkas-berkas persyaratan sebagai tahap awal administrasi calon peserta Komcad”.

“Perekrutan calon peserta Komcad ini diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan melalui 4 (empat) Kodam yaitu Kodam Jaya/Jayakarta, Kodam III Siliwangi, Kodam IV Diponegoro serta Kodam V Brawijaya. Dan kalian semua yang ada disini adalah para calon peserta yang mewakili Koramil 03/GP – Kodim 0503/Jakarta Barat”, jelas Danramil.

Lebih lanjut, Danramil mengharapkan, “Saya berharap kalian semua, siapkan semuanya dari mulai fisik, mental dan lain sebagainya. Karena Komcad ini adalah dalam rangka memperkuat pertahanan negara”, harap Danramil.

“Nama anda akan tercatat di Kementerian Pertahanan apabila anda lolos di tahapan selanjutnya. Pesan saya siapkan diri anda semua. Silakan informasikan perekrutan Komcad ini kepada saudara, tetangga dan lingkungan sekitar apabila ada yang berminat menjadi calon peserta Komcad”, pungkas Danramil.

“Siap…maju, ragu-ragu… kembali, semangat harus 55. Haru senantiasa semangat. Sebelum mengakhiri apel pada hari ini, mari kita tundukkan kepala untuk membaca do’a menurut ajaran dan kepercayaan masing-masing. Berdoa dimulai”, tandas Danramil 03/GP Kapten Inf Irwan Triyono mengakhiri sambutan dan arahan kepada para calon peserta Komcad.

Sementara itu salah satu calon peserta Komcad yang masih cukup belia, Nosheu Eddy Colman mengungkapkan, “Motivasi saya mengikuti Komcad ini adalah untuk mencari keluarga dan pendidikan”.

“Apabila saya terpilih sebagai anggota Komcad, semoga ini menjadi kebanggaan keluarga saya khususnya dipersembahkan untuk Almarhumah Ibu saya”, imbuh pria yang akrab disapa Piffo, yang merupakan keturunan Florida Amerika Serikat dan Suku Jawa.

Untuk diketahui, pendaftaran Komponen Cadangan (Komcad) dibuka oleh Kementerian Pertahanan berdasarkan UU 23 Tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara.

Persyaratan Komcad ini terbuka bagi Warga Negara Indonesia dengan usia dari 18 – 35 tahun. Nantinya Komcad ini akan dikelompokkan menjadi Komponen Cadangan matra darat, matra laut dan matra udara.

Komcad ini bukan wajib militer, namun pengabdian dalam usaha pertahanan negara yang bersifat sukarela. Diseleksi secara administratif dan kompetensi.
Komcad ini akan ditugaskan dalam keadaan darurat sesuai persetujuan Presiden dan DPR. Serta anggota Komcad akan mengabdi hingga usia maksimal 48 tahun. (M.Solichin)


Loading...

Pos terkait

Loading...