Dinkes Tulungagung Siagakan 1.000 Vaksin di Drive Thru Gor Lembu Peteng

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Tulungagung – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung menyiagakan 1.000 dosis vaksin Covid-19 untuk manula dan pra manula.

Dosis ini akan diberikan lewat layanan drive thru atau layanan tanpa turun (Lantatur) di GOR Tulungagung, Senin (14/6/2021) dan Selasa (15/6/2021) mendatamg.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Dinkes Tulungagung, Didik Eka, mengatakan vaksin diperuntukkan usia 50 tahun ke atas. “Vaksin dibagi dua, sehari 500 dosis. Kami layani dua hari,” ujar Didik pada Kamis (10/6/2021).

Didik menambahkan, layanan hanya diberikan bagi warga Tulungagung. Karena itu syarat untuk mendapat layanan ini adalah KTP asli Tulungagung. Selain itu peserta membawa nomor telepon yang aktif, bisa menerima SMS.

“Bisa nomor telepon pendamping. Fungsinya untuk menerima pemberitahuan dari sistem kapan dosis selanjutnya akan diberikan,” sambung Didik.

Vaksin tidak akan diberikan kepada pengemudi kendaraan. Karena itu warga yang akan divaksin tidak boleh berkendara, tapi menumpang atau disopiri pendamping.
Vaksin bisa diberikan kepada warga di bawah 50 tahun, asal yang bersangkutan membawa dua warga berusia di atas 50 tahun.

“Bawa dua warga di atas 50 tahun, boleh ikut vaksinasi meski usianya di bawah 50 tahun,” ucap Didik.

Kaum manula adalah salah satu prioritas vaksinasi Covid-19 karena termasuk kelompok rentan. Dinkes juga memberlakukan jemput bola untuk melayani para manula, supaya mereka tidak kontak dengan banyak orang. Salah satunya dengan mendatangkan vaksinator di kantor desa.

Selain itu layanan drive thru menjadi andalan untuk menjangkau para manula.
Sebab dengan layanan ini pada manula sedikit melakukan kontak dan tidak terjadi kerumunan.

(Endi sunaryo)


Loading...

Pos terkait

Loading...