Dinkes Tulungagung Sosialisasi Sediaan Farmasi Yang Aman

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Tulungagung – Hindari masalah Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung Gelar Sosialisasi Sediaan Farmasi Yang Aman, Dalam melaksanakan kegiatan pembinaan terhadap warga masyarakat Tulungagung tentang bahayanya sediaan farmasi, di hotel victoria Tulungagung.
Katsil Rohmad, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung mengatakan melalui Kasi Farmasi dan Perbekalan, Masduki, Jamu atau obat tradisional dikalangan medis sering disebut sebagai biang keladi timbulnya suatu masalah kesehatan.

Karena, penyajian penjual jamu yang mencampur dengan obat-obat kimia atau yang disebut dengan bahan kimia obat (BKO) di masyarakat dikenal dengan “Jamu Setelan” hal ini sangat membahayakan. Karena seringkali menimbulkan efek samping yang merugikan bagi masyarakat,” ucap Masduki pada Kamis (1/7/2021).

Ia menyampaikan, perilaku inilah yang membuat citra jamu menjadi jelek, dan suatu tindakan yang kontra produktif dengan kampanye kembali ke alam.
Banyaknya kebutuhan akan kosmetika hingga banyak yang minat terjun untuk berbisnis di bidang ini. Mulai dari yang produksi sampai distribusi baik yang legal maupun yang ilegal.

Intensitas penggunaan kosmetika yang tinggi terutama penggunaan bahan berbahaya dalam kosmetik dapat menimbulkan masalah kesehatan juga masalah hukum.

Juga agar masyarakat terhindar dari masalah kesehatan dan para distributor terhindar masalah hukum, Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung melakukan sosialisasi penggunaan sediaan farmasi yang aman.

“Untuk memastikan mutu, maka kualitas produk perlu dipantau. pengawasan obat secara komprehensif perlu dilakukan pada jaringan distribusi obat demi terjaminnya mutu, khasiat, keamanan dan keabsahan obat,” imbuh Masduki.

Salah satu peserta yang bernama Titalina mengatakan, dengan adanya sosialisasi sediaan farmasi yang aman, pihaknya dari sahabat UMKM Tulungagung berharap kedepannya pelaku UMKM dalam bidang jamu harus memahami mengenai ketersediaan bahan.

Seperti yang di jelaskan nara sumber sekarang tentang pengenalan yang baik, mulai dari bahan hingga pengolahan yang nantinya dalam pembuatan prodak (Kualitas) bernilai tinggi. Selanjutnya mereka akan mengetahui soal perijinan apa saja yang dibutuhkan oleh produk-produk dari farmasi. Pungkasnya.

(Endi S)


Loading...

Pos terkait

Loading...