Rapat Koordinasi PPKM darurat Kecamatan Karanggeneng

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM, LAMONGAN – Hari Ketiga (3) Kabupaten Lamongan dalam pemberlakuan PPKM Mikro Darurat,angka kematian yang terpapar Covid-19 semakin meningkat di Wilayah Kecamatan Karanggeneng

“Ya Lamongan masuk sebagai kabupaten yang harus melakukan PPKM Mikro Darurat, ” kata Satgas Covid-19 Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan, Bripka Fahrizal kepada Analisapublik.com, Senin (5/7/2021).

Pemberlakuan PPKM Mikro Darurat dilakukan dikecamatan Karanggeneng, kini Satgas Covid-19 melakukan Rapat koordianasi sebagai Bahan teknis dan pelaksanaannya.

Dalam Rapat koordinasi PPKM yang dilakukan di Pendopo Kecamatan karanggeneng dengan pemerintahan Desa untuk persiapan pelaksanaan PPKM darurat.

PPKM darurat diberlakukan untuk semua wilayah kecamatan di Lamongan, tanpa terkecuali. Artinya, baik zona hijau, kuning maupun oranye, sama, harus menerapkan PPKM darurat.

“Jadi tidak peduli kecamatan yang di luar zona merah, apalagi yang zona merah. Semua wajib melaksanakan PPKM darurat, ” tandasnya.

Iptu Raksan,SH menyebutkan, selama pemberlakuan PPKM Mikro Darurat, semua tempat hiburan seperti kafe dan karaoke,Pedagang kaki lima tempat  serta yang disinyalir menjadi konsentrasi kerumunan harus ditutup.

Namun, lanjutnya, warung-warung kecil masih diperbolehkan buka dengan batasan jam malam. Hanya boleh buka sampai pukul 20.00 WIB.

“Tempat tempat hiburan  atau apapun namanya harus tutup sampai waktu pencabutan PPKM darurat,” ungkapnya.

Namanya saja darurat, kata iptu Raksan, SH jadi semua aktifitas kegiatan harus mematuhi aturan dan batas-batas selama PPKM darurat

Mereka yang melanggar, Tim Satgas gabungan TNI Polri, Satpol PP dan pihak terkait akan melakukan tindakan dan sanksi tegas.

Pihaknya, tambah Iptu Raksan, SH tidak akan mentolelir jenis pelanggaran selama PPKM Mikro Darurat diberlakukan.

“Semua elemen dituntut untuk bersama-sama menaati peraturan pemberlakukan PPKM darurat,” ungkapnya.

Untuk masyarakat yang keluar Masuk dari tingkan kecamatan, desa hingga ke tingkat yang paling bawah ada pengetatan penyekatan.

Untuk perbatasan wilayah, tim gabungan TNI-Polri dan Satgas Covid-19 akan berjaga untuk melakukan pengetatan penyekatan.

Semua akan dilibatkan, ujar Iptu Raksan,SH agar pemberlakuan PPKM Mikro Darurat ini efektif dan mengena, sehingga mampu menekan penyebaran Covid-19

Sementara, data dari Dinkes Puskesmas menunjukkan, tren keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Ratio (BOR) perawatan pasien Covid-19 di Puskesmas sampai hari ini konstan. Sempat berada di angka 100% persen.

Kepala Dinkes KUPT Puskesmas Karanggeneng, drg,Poeji hatiyani menunjukkan jika per tanggal 29 Juni 2021, secara akumulatif BOR di puskesmas berada di angka 100%, persen.

Hanya saja, kata drg, Poeji hariyani, untuk BOR ICU masih berada di angka 100 persen.

BOR di Puskesmas ini, lanjutnya, diambilkan dari ketersediaan tempat tidur (bed) yang digunakan sebagai isolasi pasien Covid-19 yang berada di 18 Desa ditambah rujukan dari luar wilayah.

Saat ini se- Kabupaten Lamongan berada di zona merah penyebaran Covid-19, Cuman  2 kecamatan sudah menjadi zona hijau, yaitu Kecamatan Sukorame dan Sarirejo.(Red/Nur).


Loading...

Pos terkait

Loading...