Bupati Blora Teken MoU dengan 4 Kampus di Yogyakarta

  • Whatsapp

ANALISAPUBLIK.COM | Yogyakarta – Bupati Blora Arief Rohman melakukan road show penandatanganan nota kesepahaman (MoU) untuk melaksanakan kerjasama dengan empat perguruan tinggi di wilayah Yogyakarta.

Keempat perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Institut Pertanian STIPER Yogyakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Kartika Bangsa, dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta.

Bacaan Lainnya

Penandatanganan MoU di UNY dilakukan dengan Rektor Prof Dr. Sumaryanto, M.Kes; kemudian MoU di Institut Pertanian STIPER Yogyakarta dilakukan dengan Rektor Dr. Ir. Harsawardana, M.Eng. Selanjutnya MoU dengan STISIP Kartika Bangsa dilakukan dengan Ketuanya Dr. Mariman, SH., M.Si, dan Mou dengan UPN Veteran Yogyakarta dilakukan dengan Rektor Dr. M. Irhas Effendi, M.S.

“Kita ingin dengan adanya MoU bersama perguruan tinggi ini bisa memberikan manfaat untuk Kabupaten Blora melalui sejumlah peluang kerjasama. Baik kerjasama pendidikan tinggi, pengabdian masyarakat, hingga sejumlah penelitian dan pengembangan potensi Blora,” ungkap Bupati Blora melalui keterangan tertulisnya, Minggu (05/09).

Bupati lantas menyontohkan untuk MoU dengan UNY Yogyakarta, pihaknya menggagas adanya Kampung UNY di Kabupaten Blora yang akan dipilihkan bersama desa mana yang cocok untuk binaannya.

“Alhamdulillah Pak Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes, menyambut baik MoU dengan Blora. Kita sampaikan gagasan pendirian Kampung UNY di Kabupaten Blora. Yakni desa yang potensinya baik namun belum tergarap maksimal akan didampingi langsung oleh UNY menjadi desa unggulan,” kata Bupati.

Adapun MoU dengan Institut Pertanian STIPER Yogyakarta, Bupati ingin agar potensi pertanian dan perkebunan di Blora bisa tertata dan tergarap dengan maksimal mengingat mayoritas masyarakat Blora bermatapencaharian sebagai petani.

Selanjutnya dengan STISIP Kartika Bangsa, pihaknya ingin perguruan tinggi ini bisa membuka kelas jauh perkuliahan di Blora dengan program beasiswa untuk meningkatkan kualitas SDM.

Sedangkan yang terakhir MoU dengan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta. Bupati ingin potensi geologi Kabupaten Blora yang sangat banyak dapat ditata menjadi Geoheritage dan Geopark kelas Nasional menuju Dunia.

Pada keempat kampus tersebut, Bupati juga meminta data mahasiswa Blora yang sedang menempuh kuliah disana untuk memetakan potensi pendidikan tinggi para mahasiswa dengan beragam latar belakangnya. (Jay)


Loading...

Pos terkait

Loading...